MA-MA.ID, Ambon: Maluku merupakan wilayah dengan karateristik kepulauan. Luas wilayahnya mencapai 46.914,03 kilometer persegi. Persentase wilayah lautnya adalah 90 persen dengan total seluruh wilayah laut mencapai 78.896,53 kilometer persegi. Sehingga kurang lebih, luas wilayah perairannya adalah 71.006,88 kilometer persegi dengan memiliki kurang lebih 2.896 pulau.
Kondisi ini tentu mendapat perhatian khusus terkait konsep pembangunan pendidikan di wilayah yang karakteristiknya kepulauan. Maluku tentu berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia, mestinya pengembangan pendidikan di Maluku disesuaikan dengan karakteristik wilayahnya.
Hal ini diungkapkan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Patimurra (Unpatti), Prof. Izak Wenno,seperti dikutip PattimuraTV, kemarin.
“ Konsep pendidikan di Provinsi Maluku, mestinya dibangun berbeda dengan provinsi lain yang ada di Indonesia.
Menurutnya pendidikan dan pembelajaran di Maluku, harus di kembangkan berdasarkan tata letak geografis, dimana provinsi Maluku terdiri dari daerah kepulauan dipisahkan laut sehingga dalam membangun dan mengembangkan pendidikan di Maluku harus secara berbeda.
Kata Weno, jumlah tenagan guru di Maluku saat ini masi kurang, ia meminta kepada pemerintah kota kabupaten dalam hal ini dinas pendidikan harus memperhatikanya.
“ Jangan sampai guru-guru tertumpuk di ibu kota, kecamatan atau kabupaten kota saja, mestinya tersebar merata hingga ke seluruh pelosok desa, jika ini dilakukan mutu pendidikan di Maluku akan semakin membaik, “ ungkapnya. (Rizal/PMG)